Cara Mengatasi Komputer Hidup Tapi Monitor Tidak Nyala

Komputer CPU Hidup Monitor Mati

Cara Mengatasi Komputer CPU Hidup Tapi Monitor Mati Tidak Nyala – Di artikel kali ini akan membahas penyebab dan cara mengatasi CPU tetapi monitor mati yang berguna saat komputermu bermasalah.

Mungkin kamu pernah mengalami CPU nyala monitor mati. Tentu ini menjadi permasalahan karena kita tidak bisa melakukan apa-apa ketika monitor kita mati.

Oleh karena itu di artikel kali ini akan membahas cara mengatasi komputer CPU hidup tapi monitor mati  no signal tidak nyala.

Penyebab dari CPU nyala monitor mati tidak tampil ada beberapa sebab. Oleh karena itu kamu harus mengetahui penyebabnya dulu agar kamu bisa mengatasinya.

Cara Mengatasi Komputer CPU Hidup Tapi Monitor Tidak Nyala

Berikut ini adalah beberapa penyebab CPU nyala monitor mati dan cara mengatasinya:

Monitor Belum Dinyalakan

Penyebab pertama mengapa CPU nyala monitor mati karena terkadang kita belum menyalakan monitornya itu sendiri.

Untuk mengecek apakah monitor menyala atau tidak kamu bisa mengeceknya di lampu indikator.

Setiap monitor memiliki indikator yang berbeda-beda jika sudah menyala, jadi pastikan kamu sudah menekan tombol monitor yang berada di layar.

Kabel VGA

Penyebab kedua mengapa CPU nyala monitor mati karena sambungan kabel VGA yang menghubungkan monitor dengan CPU komputer miki kamu belum tertancap secara sempurna.

Apabila port VGA belum tertancap secara sempurna maka, itu yang menjadi penyebab monitor mati atau tidak menyala. Untuk mengatasinya kamu harus memperbaiki koneksi port VGA di CPU agar sambungan tersebut tidak longgar.

Apabila kabelnya putus maka kamu harus membeli kabel VGA yang baru.

Kartu VGA

Penyebab ketiga yang menyebabkan monitor mati tetapi CPU menyala adalah kartu grafs atau yang bisa disebut dengan VGA. Selain karena RAM rusak, kartu grafis yang memiliki masalah bisa jadi penyebabnya. Pastikan VGA yang kamu miliki masih bisa digunakan.

Selain VGA yang rusak, VGA yang berdebu juga bisa menjadi permasalahan monitor mati tetapi tetapi CPU tetap menyala. Untuk membersihkannya kamu perlu mencabut RAM dari slotnya dan bersihkan RAM tersebut.

Apabila RAM sudah bersih kembali maka pasang kembali RAM tersebut ke tempat asalnya.

Masuk ke Bagian Safe Mode

Cara selainnya yang bisa mengatasi monitor mati atau tidak menyala adalah dengan masuk ke bagian safe mode. DI mode ini maka Windows akan me-load driver-driver bawaan Windows saja.

Jika ada ada driver yang bermasalah di kompter kamu maka tidak akan terjadi masalah saat menyalakan mode ini.

Langkah-langkah agar kamu bisa masuk ke safe mode yang memiliki OS Windows sebagai berikut:

  1. Nyalakan komputer kamu
  2. Lalu akan muncul logo dan merk CPU yang kamu gunakan, setelah itu tekan tombol F8 dalam beberapa kali, hingga di monitor muncul menu Boot Options.
  3. Dari berbagai pilihan yang muncul, maka kamu pilih safe mode
  4. Sesudah kamu masuk di bagian safe mode, tunggu hingga 5 sampai 10 menit. Setelah itu tinggal restart komputer milik kamu. Hal ini diakibatkan karena adanya service windows yang bermasalah atau karena timing service yang mengalami delay.

Memori RAM

Penyebab mengapa komputer CPU nyala tapi monitor mati adalah adalah karena kasus adanya RAM rusak. Selain RAM rusak, RAM yang berdebu juga mengakibatkan monitor mati meskipun CPU komputer menyala.

Indikator apabila RAM mengalami kerusakan adalah CPU akan mengeluarkan bunyi berupa beep panjang atau bunyi berupa beep yang berulang-ulang saat kamu menyalakan CPU.

Untuk bisa mengatasi RAM yang berdebu maka kamu harus membersihkan RAM tersebut agar bersih dan monitor menyala kembali Untuk membersihkannya kamu perlu mencabut RAM dari slotnya dan bersihkan RAM tersebut.

Apabila RAM sudah bersih kembali maka pasang kembali RAM tersebut ke tempat asalnya.

Baterai CMOS

CPU hidup tetapi monitor mati juga bisa disebabkan oleh baterai motherboard atau yang dikenal dengan baterai CMOS yang memang waktunya diganti.

Penyebab karena adanya baterai motherboard memang jarang terjadi akibat monitor mati, Tetapi penyebab baterai motherboard yang rusak juga bisa jadii penyebabnya.

Oleh karena itu kamu harus tetap melakukan pengecekan terhadap baterai CMOS.

Processor

Akibat monitor mati tetapi CPU nyala adalah juga bisa disebebakan oleh hardware yang rusak, Hardware yang berdebu juga bisa menjadi permasalah atau pemasangan hardware yang tidak sempurna.

Oleh karena itu pastikan hardware terpasang dengan baik. Tanda-tanda dari processor rusak adalah processor terasa dingin padahal CPU sudah dinyalakan dalam waktu beberapa menit.

Fan/Kipas

Penyebab yang selainnya mengapa monitor mati tetapi CPU menyala karena adalah kipas/fan CPU tersebut. Apabila fan tersebut masih bisa berputar dengan baik artinya kipas atau FAN CPU masih bisa digunakan.

Selalu perhatikan posisi FAN saat kamu memasangnya, Karena apabila pemasangan fan tidak dilakukan dengan benar maka yang terjadi adalah monitor tidak menyala meskipun CPU sudah dihidupkan.

Akhir Kata

Demikian adalah penyebab dan cara mengatasi monitor mati no signal tidak tampil tetapi CPU komputer sudah dinyalakan. Semoga bisa membantu kamu yang mengalami permasalahan monitor mati. Selamat mencoba.

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.