Cara Mematikan Bunyi Suara Alaram Token Listrik yang mau Habis di Meteran – Cara mematikan alarm token listrik tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena diperlukan beberapa trik khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

oken merupakan suatu bentuk layanan listrik prabayar yang disediakan oleh PLN dimana dengan layanan ini, para pelanggan bisa membeli token listrik dengan jumlah tertentu dan mengisinya kembali jika sudah habis.

Tak perlu untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya, karena agar token listrik bisa digunakan, maka hanya perlu memasukkan kode token yang sudah dibeli ke meteran listrik di rumah.

Selain untuk memasukkan kode token, meteran listrik juga memiliki alarm yang akan mengingatkan bila sisa pulsa token sudah menipis dan pastinya terdapat cara untuk mematikan alarm token listrik yang aman dan menghindarkan dari rasa malu ketika didengar oleh para tetangga.

Jika tidak mematikan meteran listrik yang berbunyi tentunya sangat mengganggu aktivitas kita karena suaranya yang berisik.

Fungsi Suara Alarm Sebagai Pengingat

Saat ini banyak pemilik rumah yang menggunakan token listrik prabayar karena dianggap lebih mudah dan praktis, namun ketika token listrik hampir habis dan belum diisi ulang, maka alarm meteran listrik akan berbunyi sebagai pengingat bagi pemilik rumah untuk segera mengisi ulang token meteran listriknya.

Meteran listrik mempunyai alarm yang akan berbunyi saat sisa pulsa token sudah hampir habis dan dapat digunakan sebagai pertanda agar siap-siap membeli pulsa token lagi.

Ketika alarm tersebut bunyi, biasanya kWh meteran listrik sudah menunjukkan angka 25 kWh dan dengan arus listrik tersebut masih memungkinkan untuk menggunakan listrik dalam jangka waktu 2-3 hari tergantung pemakaian.

Agar listrik prabayar dapat menyala, maka diharuskan membeli token atau mengisinya terlebih dahulu agar dapat mengontrol jumlah biaya listrik per bulan.

Tetapi bunyi alarm tersebut seringkali mengganggu bila tidak mematikannya dan akan terganggu dengan bunyi yang bising. Alarm tersebut akan berbunyi dengan suara nyaring dan interval yang dekat dan kerap mengganggu ketenangan. Sebenarnya bisa saja untuk mematikan alarm tersebut dengan cara seperti uraian dibawah ini.

Pembelian Token Listrik Prabayar yang Menyala

Alat meteran listrik prabayar yang seringkali dipasang di rumah disebut dengan bargainser, dan melalui alat ini, maka dapat memasukkan nomor token listrik untuk mengisinya kembali.

Untuk membeli token listrik ini bisa dilakukan secara daring melalui online maupun mobile banking. Transaksi daring tidak dapat dilakukan pada pukul 23.00 malam sampai 1.00 dini hari, dengan demikian para pelanggan tidak akan bisa mengisi token listrik jika alarm berbunyi pada tengah malam, hanya bisa untuk mematikannya dengan mudah dan aman.

Cara Mematikan Alarm Token Listrik

  1. Cek meteran listrik atau bargainser yang alarmnya sudah berbunyi yang terdapat pada meteran rumah.
  2. Tekan dan masukkan kode 812 pada meteran listrik yang ada, lalu tekan tombol ENTER.
  3. Alarm token listrik pun sudah berhenti berbunyi dengan aman.

Itulah cara mematikan alarm token listrik dengan aman agar tak terganggu lagi dengan suaranya yang nyaring. Pada meteran listrik bermerek Itron, kode ini dapat menunda suara alarm agar tidak berbunyi selama 5-10 menit, sedangkan pada meteran bermerek Hexing dan Glomet kode 812 dapat mematikan suara alarm selama satu jam.

Tahapan Mengubah Batas Minimal Daya di Meteran Listrik Prabayar

Selain cara mematikan alarm token listrik prabayar, perlu juga untuk diketahui bagaimana cara mengubah batas minimal sisa daya listrik sebelum alarm bunyi.

Batas standar minimal dari PLN adalah 20 kwh yang artinya alarm akan berbunyi jika kuota listrik di rumah sudah mencapai angka tersebut, namun kuota 20 kwh masih cukup untuk dua sampai tiga hari ke depan.

Cara untuk mengubah batas minimal sisa daya terbilang sangat mudah, misalnya saja akan mengubah menjadi 15 kwh, maka ketiklah kode 456 dan atur angka kwh yang diinginkan, yaitu 15 dengan begitu perlu masukkan kode 45615 dan tekan enter.

Kode Meteran Listrik Prabayar Lainnya

Selain kode untuk mematikan alarm token listrik dan mengubah batasan minimal, terdapat pula berbagai kode meteran listrik lain yang dapat dicoba dan dapat membantu berbagai permasalahan mengenai token listrik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. 00: kode untuk me-restart meteran.
  2. 03: kode mengecek total kwh listrik yang sudah
  3. 07: kode untuk mengecek mengenai batas kwh.
  4. 09: kode tentang menghitung daya listrik yang telah
  5. 41: kode untuk mengecek voltase listrik.

Solusi Bila Alaram Meteran Listrik Masih Berbunyi

Bila alarm masih berbunyi ketika angka 812 sudah dimasukkan, maka kemungkinan telah terjadi error pada meteran, sehingga dapat menghubungi pihak PLN untuk meminta bantuan tentang bagaimana mengatasi masalah tersebut. Tunggu beberapa saat hingga pihak PLN datang untuk menonaktifkan alarm tersebut agar tak berbunyi lagi.

Diatur Waktu Bunyinya

Agar tidak terganggu dengan bunyi alarm meteran listrik saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari, maka selain dengan cara mematikannya juga bisa diatur waktu bunyi alarm tersebut. Caranya yaitu hanya dengan mengetikkan angka 456, kemudian tunggu beberapa saat hingga bisa langsung mengatur bunyi alarm sesuai kWh yang diinginkan.

Jika ingin membunyikan alarm saat arus listrik berada di angka 10 kWh, maka dapat dilakukan dengan menekan tombol 456 lalu menekan angka 1 dan 0 lalu secara otomatis alarm tersebut nantinya akan berbunyi saat sudah di angka 10 kWh.

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version