Cara Mengetahui Nomor ID Meteran Listrik PLN – Bagi pengguna listrik pascabayar atau listrik prabayar dari PLN pasti sudah familiar dengan ID pelanggan PLN.

Karena nomor ini akan digunakan untuk mengetahui tagihan listrik yang akan dibayarkan tiap bulannya atau jumlah token yang tersisa. Membayar listrik PLN bisa dilakukan secara online dengan menggunakan ID pelanggan.

ID Pelanggan PLN sangat penting karena diperlukan untuk membayar tagihan listrik PLN prabayar maupun pascabayar dan tak jarang sering melupakan nomor ID pelanggan PLN.

Dengan nomor ID tersebut, pelanggan bisa melakukan pembayaran tagihan di kantor PLN maupun platform online seperti website, PLN Mobile, e-commerce, mobile banking, atau bahkan ATM, maka pelanggan bisa mengecek ID Pelanggan PLN dengan beberapa cara.

Beberapa Cara Mengetahui Nomor ID Listrik PLN

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui nomor ID meteran listrik PLN milik sendiri :

1. Cek Melalui Situs PLN

Tak perlu panik ketika ID pelanggan hilang karena bisa mengetahuinya lagi dengan membuka situs resmi PLN di https://portal.pln.co.id dan pastikan ketika mencari ID pelanggan, maka perlu untuk  mengetahui nama yang akan didaftarkan atau pemilik rekening listrik.

Apabila informasi sudah muncul, maka pastikan data yang muncul sudah sesuai dan tepat, sehingga bisa langsung mencatat nomor unik ID pelanggan dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Bukalah situs PLN, kemudian masukkan email, kata sandi, dan kode verifikasi.
  • Tekan tombol Masuk yang nantinya ID Pelanggan PLN dan total tagihanmu akan langsung muncul di halaman utama.
  • Namun, cara ini hanya akan berlaku jika sudah memiliki akun khusus yang dimiliki para pelanggan PLN.

2. Cek Struk Tagihan PLN

Cara cek ID pelanggan PLN juga bisa dilakukan secara manual, salah satunya yaitu dengan mencari dan melihat dari struk tagihan listrik dimana biasanya di dalam sebuah struk pasti tersemat nomor ID pelanggan dan posisi nomor ID pelanggan tersebut berada di deretan kiri paling atas.

Kebanyakan orang sering membuang struk ini begitu saja setelah membayar dan untuk mencegah kejadiannya terulang kembali, pastikan menyimpan struk pembayaran tagihan listrik dan bila perlu bisa memotret struk listrik tersebut dengan ponsel.

3. Cek Meteran Listrik

Terdapat cara manual lain untuk mengecek nomor ID pelanggan PLN, yaitu dengan melihatnya pada bagian meteran listrik yang terpasang di rumah dimana biasanya meteran listrik pasti tercantum nomor unik ID pelanggan yang terletak di bagian bawah barcode.

Pada bagian bawah tersebut tertulis 11 hingga 12 digit nomor unik yang akan menjadi ID pelanggan PLN, sehingga tak perlu ambil pusing ketika lupa nomor ID PLN karena bisa langsung melihatnya pada nomor yang tertera di meteran.

4. Lihat Struk Pembayaran di E-commerce

Terdapat fitur e-commerce yang memudahkan penggunanya untuk membayar tagihan bulanan hanya melalui daring tanpa harus pergi ke ATM dan struk pembayaran di e-commerce menjadi salah satu solusi saat kehilangan ID pelanggan PLN.

Bagi pelanggan yang pernah membayar PLN di e-commerce, seperti Tokopedia maka bisa mengecek nomor pelanggan melalui platform ini dan berikut adalah caranya:

  • Bukalah email dan cari tanggal terakhir transaksi tagihan listrik, misalnya melalui e-commerce Tokopedia.
  • Carilah nomor ID pelanggan PLN yang berada dalam bukti pembayaran yang sudah dilakukan sebelumnya.
  • Biasanya dalam melakukan pembayaran tagihan listrik bulanan melalui e-commerce, maka akan memperoleh struk pembuktian pembayaran yang dilampirkan secara online atau dikirim lewat email pribadi.
  • Dimana dalam email tersebut sudah tertera nomor unik ID para pelanggan PLN.

5. Aplikasi PLN Mobile

Cara selanjutnya yaitu dengan mengakses aplikasi PLN, yakni PLN Mobile dan pastikan sudah memiliki PLN Mobile di ponsel. Apabila belum memilikinya, maka bisa mengunduh terlebih dahulu melalui Playstore dan App Store.

Melalui aplikasi PLN kita bisa melihat informasi detail mengenai penggunaan listrik seperti nama pemilik rekening, nomor ID para pelanggan, jumlah pemakaian listrik dalam satu bulan, dan biaya tagihan listrik yang akan dibayar.

6. Kartu Pelanggan PLN

Cara lainnya yang terbilang cukup mudah yaitu dengan melihat ID Pelanggan di Kartu Pelanggan PLN dimana kartu pelanggan ini akan memuat sejumlah informasi mengenai pelanggan mulai dari alamat rumah dan ID token yang akan digunakan untuk mengisi ulang pulsa listrik

Jadi, pastikanlah jika kartu pelanggan PLN tidak hilang maupun rusak karena kartu ini telah memuat keterangan dan data yang akan dibutuhkan.

7. Struk ATM

Selain lewat e-commerce, mengetahui ID Pelanggan PLN juga bisa melalui struk ATM dan tentunya, pastikan dahulu jika sudah pernah bayar tagihan PLN melalui ATM, maka caranya adalah sebagai berikut:

  • Carilah struk ATM yang telah digunakan untuk membayar tagihan PLN.
  • Temukan nomor ID Pelanggan yang terdapat pada bagian tengah struk dan sebaiknya tulislah nomor ID Pelanggan PLN sebelum tintanya memudar.

Tips Tambahan Agar Tidak Lupa ID Pelangan PLN

Penjelasa diatas merupakan berbagai cara mudah cek ID pelanggan PLN yang hilang dan agar ke depannya tidak ribet lagi, maka sebaiknya perlu untuk menyimpan nomor ID Pelanggan yang juga bisa menyimpan nomor ID Pelanggan PLN secara otomatis. Berikut salah satu cara yang bisa di coba secara otomatis dan tapa ribet.

  1. Jika membayar tagihan listrik via Mobile Banking atau Internet Banking, maka sebelum melakukan pembayaran, pilih pada bagian “Simpan ke Daftar Pembayaran” dan selesai.
  2. Para pelanggan juga bisa menggunakan e-wallet dan pembayaran digital lainnya, lalu simpan menjadi daftar favorit agar tidak hilang dan juga akan memudahkan ketika melakukan pembayaran listrik.

Demikianlah artikel mengenai cara untuk mengetahui nomor ID meteran listrik PLN. Semoga bermanfaat!

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version