5 Keuntungan Energi Matahari Bagi Manusia, Hewan dan Tumbuhan – Semakin majunya peradaban manusia, maka energi panas matahari pun mulai dimanfaatkan dalam memenuhi berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari.

Matahari dikenal sebagai bola gas raksasa yang sebagian besar terdiri dari hidrogen, helium, karbon, nitrogen, dan oksigen serta sebagian kecil dari unsur-unsur lain.

Matahari sebagai pusat tata surya memiliki ukuran yang sangat besar dibandingkan dengan beberapa benda langit di sekitarnya.

Karena letaknya yang berdekatan dengan Planet Bumi, matahari menjadi salah satu sumber energi alternatif yang tak terbatas dan abadi.

Manfaat energi matahari sangat dirasakan bagi manusia dan seluruh alam sangatlah banyak karena matahari adalah sumber energi paling besar di seluruh muka bumi.

Pancaran sinarnya mampu untuk memberikan manfaat yang besar bagi seluruh makhluk hidup yang sangat berguna dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Manfaat Energi Panas Matahari bagi Manusia

Untuk merasakan manfaatnya, energi matahari harus diubah menjadi energi yang ramah lingkungan dan hal tersebut diperlukan untuk mencegah terjadinya kerusakan terhadap lingkungan di sekitarnya dan untuk menjaga bumi agar tetap asri.

Kehadiran matahari tentunya sangat memberikan manfaat yang besar bagi manusia sebab, kehidupan manusia sehari-harinya sangat ditunjang oleh pancaran sinar matahari.

1. Sumber Listrik Bagi Kebutuhan Manusia

Matahari menjadi salah satu sumber listrik alternatif yang sangat ramah lingkungan dan aman untuk dijadikan sebagai sumber energi alternatif.

Sumber energi tersebut dapat berupa energi listrik yang didapatkan dari adanya sebuah proses teknologi fotovoltaik atau panel surya dimana panel surya tersebut akan memungkinkan terjadinya proses pancaran sinar panas matahari yang diubah menjadi energi listrik.

2. Sebagai Sumber Pembentukan Vitamin Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Makhluk hidup yang dimaksudkan tidak hanya manusia saja, seperti hewan, manusia, dan tumbuhan dapat memenuhi asupan nutrisinya dengan sangat baik melalui pancaran sinar matahari.

Misalnya, tumbuhan membutuhkan sinar matahari untuk membantu dalam melakukan proses fotosintesis dan manusia yang membutuhkan sinar matahai pagi sebagai asupan vitamin D dimaana keduanya tentu melibatkan pancaran matahari.

3. Berperan Besar bagi Kesehatan Manusia

Tubuh manusia sangat disarankan untuk selalu terpapar sinar matahari dengan jumlah yang cukup yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari.

Select Health mengemukakan jika sinar matahari sangat berperan penting untuk meredakan sakit, stres, sampai dengan  menurunkan berat badan.

4. Kebutuhan Perkantoran dan Industri

Manfaat energi panas matahari bagi manusia tentunya juga akan sangat berdampak pada sektor industri dan perkantoran.

erlebih lagi apabila sektor industri dan perkantoran tersebut memanfaatkan teknologi panel surya, sehingga industri, pabrik, gudang, hingga gedung perkantoran tentunya akan berpotensi meningkatkan keuntungan bisnis dengan cara hemat pengeluaran listrik sampai dengan 30% dari biasanya.

Manfaat Energi Tenaga Surya bagi Kesehatan

Ternyata manfaat energi matahari bagi kesehatan sangat cukup beragam, itulah sebabnya sangat penting bagi manusia untuk beraktivitas di luar rumah karena pancaran langsung sinar matahari dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan dan daya tahan tubuh.

Menurut pendapat dari Select Health, manfaat energi tenaga surya matahari bagi kesehatan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Di dalam tubuh manusia terdapat proses produksi hormon serotonin yang mempunyai manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur dan menenangkan seseorang, sehingga jika kadar serotonin dalam tubuh manusia rendah, maka kualitas tidur dapat terganggu.

Untuk mengatasinya, maka tubuh manusia perlu untuk terpapar sinar matahari yang sangat berguna dalam merangsang produksi hormon serotonin.

2. Mencegah Penyakit Kulit

Sinar matahari dalam jumlah yang cukup juga sangat dipercaya dapat mencegah dan meredakan berbagai gejala penyakit kulit, seperti adanya psoriasis, penyakit kuning, eksim, hingga mencegah munculnya jerawat.

3. Produksi Vitamin D dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Matahari juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan vitamin D dimana Vitamin tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh manusia untuk meningkatkan penyerapan fosfor dan kalsium di usus yang akan memperkuat kekuatan otot, tulang, dan gigi.

Paparan sinar matahari juga berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dengan imunitas yang terjaga baik, maka tubuh terlindungi dari berbagai penyakit dan infeksi kuman.

Manfaat Energi Panas Matahari bagi Hewan

1. Menghangatkan Tubuh Hewan

Sebagian besar hewan tentunya memanfaatkan sinar matahari untuk menghangatkan tubuhnya dari hawa dingin yang ad di sekitarnya.

Hewan yang memanfaatkan hal tersebut sebagian besar merupakan jenis reptil, seperti kadal, ular, dan buaya.

2. Menghasilkan Sumber Makanan Hewan

Proses fotosintesis akan berhenti jika tidak mendapatkan pancaran panas matahari yang cukup digunkan untuk melakukan proses tersebut.

Artinya, kehidupan ekosistem akan terancam hancur dan tidak ada lagi tumbuhan yang memungkinkan wabah kelaparan terjadi.

Matahari akan membantu tumbuhan melakukan proses fotosintesis yang akan menghasilkan pangan untuk kebutuhan makan para hewan.

3. Membantu Reproduksi Hewan

Sebagian hewan seperti burung dan mamalia lainnya membutuhkan sinar matahari untuk melewati proses reproduksi.

Sinar matahari akan berguna untuk menghangatkan yang akan berguna dalam membantu proses reproduksi para hewan.

Manfaat Energi Panas Matahari bagi Tumbuhan

1. Melancarkan Proses Fotosintesis

Paparan sinar matahari akan memberikan energi bagi tumbuhan untuk melakukan fotosintesis yang berfungsi untuk menghasilkan asupan makanan bagi tumbuhan.

Sehingga, sebagian besar tumbuhan sangat mengandalkan hidupnya pada sinar matahari.

2. Mengaktifkan Klorofil

Manfaat energi panas matahari bagi tumbuhan sangat membantu dalam mengaktifkan klorofil yang merupakan zat penghijau pada tumbuhan dan menjadi salah satu komponen penting saat proses fotosintesis.

3. Sumber Nutrisi

Tanaman memerlukan nutrisi yang digunakan untuk menunjang produksi dan keberlangsungan hidupnya dan apabila proses fotosintesis berjalan dengan lancar, maka asupan nutrisi juga akan terjaga dengan baik.

Demikianlag artikel dari Klinik Tekno tentang manfaat dan keuntungan energi matahari bagi kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan. Semoga bermanfaat,

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version