Cara Cek Nomor Token Listrik Yang Sudah Dibeli Secara Online Dan Offline – Listrik prabayar banyak digunakan masyarakat zaman sekarang seperti layaknya pulsa pada telepon seluler, maka masyarakat diharuskan agar membeli token untuk memperpanjang penggunaan listrik di rumahnya.

Meski cukup mudah dan sudah disosialisasikan PLN, namun masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana cara cek token listrik yang sudah dibeli.

Meskipun sepele, kehilangan catatan nomor token listrik bisa menjadi masalah terlebih lagi jika kita tidak menghafalnya.

Namun tenang, sebab kini terdapat cara mudah untuk mengecek nomor token listrik dengan cara tersebut terbagi menjadi dua, yakni secara online di mana saja dengan hanya mengandalkan ponsel atau laptop dan secara manual.

Pembelian Token Listrik

Meskipun sekarang banyak token listrik prabayar yang sudah dapat dibeli secara online atau lewat aplikasi, namun ternyata masih banyak beberapa orang yang membelinya secara konvensional.

Hal tersebut, dibuktikan dengan adanya penyedia token listrik seperti mini market dan konter yang masih menerima permintaan pelanggan yang melakukan ditempat.

Memang benar, proses pembelian token listrik secara offline terbilang cukup mudah dilakukan karena pelanggan hanya perlu menyebutkan nomor meteran atau ID pelanggan saja, kemudian menentukan nominal token listrik dan membayarnya, maka nomor token listrik yang dibeli secara otomatis akan tercetak langsung di struk pembelian.

Namun sayangnya, struk pembelian token listrik di mini market atau konter berupa selembar kertas yang kemungkinan risiko kehilangan, terselip, dan robek terbilang cukup berisiko. Terlebih, jika kalian membeli token listrik hanya untuk berjaga-jaga saja bukan untuk dipakai pada saat itu juga.

Namun permasalahan tersebut, kini dapat diatasi karena sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek token listrik yang sudah pernah dibeli sebelumnya baik itu secara offline maupun online.

Cara Cek Nomor Token Listrik yang Sudah Dibeli

Sebagaimana diketahui, meteran listrik prabayar juga disebut dengan nama Listrik Pintar, namun tetap saja sebagai pengguna listrik harus tetap cerdas dalam menggunakannya termasuk ketika struk token yang dibeli ternyata tidak terbaca dengan jelas atau hilang.

Jika mengalami permasalahan tersebut, maka sebaiknya tidak perlu resah dan gelisah karena terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak atau mencari tahu nomor token listrik tersebut.

Untuk saat ini nomor token listrik prabayar biasanya terdiri dari 20 digit angka, pengecekan token listrik yang sudah dibeli juga bisa dilakukan dengan cara offline ataupun online.

1. Cara Mengecek Token Listrik Secara Online di PLN Mobile

Berikut cara melihat nomor token listrik yang sudah di beli secara online di PLN Mobile:

  • Gunakanlah aplikasi PLN Mobile jika ingin mengecek token listrik yang sudah dibeli secara online melalui aplikasi resmi PLN.
  • Bukalah aplikasi PLN Mobile di ponsel yang sudah di download terlebih dahulu.
  • Klik menu Informasi, lalu klik pada bagian Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  • Kemudian, masukan nomor ID Pelanggan dan nomor meteran yang dimilki.
  • Selanjutnya, akan muncul beberapa informasi yang menjelaskan kapan terakhir kali membeli token listrik beserta 20 angka nomor token yang akan dimasukan kembali.

2. Menghubungi Call Center PLN

Berikut cara mengetahui nomor token listrik yang sudah di beli dengan cara menghubungi call center PLN:

  • Hubungi call center PLN di nomor 123, dengan mengawalinya menggunakan nomor tersebut dengan kode areamu terlebih dahulu, misalnya jika tinggal di Jakarta, maka bisa langsung menelepon ke 021-123.
  • Jelaskan apa masalahnya serta sebutkan ID pelanggan dan nomor meteran listrik di rumah, lalu petugas PLN akan memberitahu 20 nomor token listrik yang telah dibeli sebelumnya secar online atau offline.

3. Cek Token Listrik via Email

Berikut cara mengecek nomor token listrik yang sudah di beli dari email:

  • Hubungi pihak PLN melalui email di alamat pln123@pln.co.id.
  • Silahkan kirimkan pesan melalui email dengan format isi subjek “Cek History Pembelian Token” lalu bisa langsung jelaskan permasalahannya.
  • Biasanya balasan dari pihak PLN tidak terlalu cepat sehingga harus menunggu beberapa waktu.
  • Namun, keuntungannya layanan ini yaitu tidak akan membebankan biaya karena hanya membutuhkan kuota data internet saja.

4. Cek Token Listrik Lewat Panggilan Telepon

Berikut cara mengecek nomor token listrik yang sudah di beli lewat panggilan telepon:

  • Hubungi call center PLN melalui panggilan telepon ke nomor 123 karena layanan tersebut dapat digunakan seluruh pelanggan selama 24 jam penuh setiap hari, termasuk untuk hal mengecek token listrik.
  • Namun, ketika akan memutuskan untuk menghubungi PLN melalui panggilan telepon, pastikan memiliki pulsa operator lebih dari cukup karena layanan ini akan membebankan biaya berupa tarif pemotongan pulsa sesuai dengan provider yang digunakan.

Penyebab gagal mengecek Token Listrik yang telah dibeli

Penjelasan diatas telah menjelaskan secara lengkap mengenai bagaimana cara mengecek token listrik yang sudah dibeli, baik secara offline maupun online.

Meskipun berbagai cara di atas terbilang cukup mudah untuk dilakukan, namun masih ada sebagian pelanggan yang tetap mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukannya.

Agar terhindar dari semua kegagalan pengecekan token listrik yang sudah pernah dibeli sebelumnya terjadi, maka ada baiknya jika pahami dahulu sejumlah penyebabnya berikut ini.

  1. Koneksi jaringan internet yang buruk dan tidak stabil yang akan mengakibatkan terganggu.
  2. Pengguna telah salah dalam memasukkan ID pelanggan.
  3. Aplikasi PLN Mobile yang ada sedang dalam masa perawatan dan perbaikan.
  4. Belum mengupdate aplikasi PLN Mobile terbaru di ponsel.
  5. Server PLN yang sedang mengalami gangguan, sehingga akan menyebabkan masalah.

Cara Mengetahui Token Listrik Habis

Agar tidak terjadi kejadian mati listrik di tengah malam, maka terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah token listrik akan habis atau tidak dengan beberapa cara berikut ini.

  1. Perhatikan jumlah KwH yang terdapat pada meteran listrik, jika jumlah KwH pada meteran sudah mau habis, maka segeralah lakukan pengisian saldo token listrik.
  2. Terdengar bunyi alarm yang akan menjadi peringatan bahwa token listrik sudah mau habis.
  3. Jika sudah mengetahui tanda-tanda token listrik akan habis seperti diatas, maka sebaiknya jangan menunda-nunda untuk melakukan pengisian saldo token listrik.

Demikianlah artikel mengenai cara cek nomor token listrik yang sudah dibeli secara online dan offline. Semoga bermanfaat.

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version