Cara Tes Warna Printer Epson, Canon dan HP – Tak bisa dipungkiri sebagai sebuah alat buatan manusia, terkadang printer akan mengalami masalah terutama pada urusan warnanya.

Nah untuk menghindari hasil cetak yang tidak memuaskan, beberapa orang lebih memilih untuk melakukan pengujian dahulu sebelum mulai mencetak dokumennya. Mungkin kamu salah satu orang yang seperti itu.

Nah pada tulisan ini Klinik Tekno akan memaparkan bagaimana cara tes warna printer yang dapat kamu lakukan.

Setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu coba, yaitu dengan fitur Nozzle Check, fitur print test page dan menggunakan kombinasi tombol yang ada pada printer.

Langsung saja, silahkan disimak berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk mengetes warna printer di PC dan Laptop.

1. Cara Test Warna Printer Menggunakan Nozzle Check

Cara test printer untuk cek warna yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur Nozzle Check.

Fitur ini berguna untuk menguji bagaimana performa komponen head printer dalam mengeluarkan tinta dan memproduksi warna.

Untuk melakukan Nozzle Check kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pertama hidupkan dulu printermu yang terhubung dengan komputer, kemudian siapkan sekitar 3 lembar kertas A4 yang masih kosong pada tray printer.
  2. Kemudian masuk ke menu control panel di komputer milikmu lalu masuk ke menu device and printer pada jendela control panel.
  3. Selanjutnya kamu bisa melihat perangkat keras dan printer yang terhubung ke computer. Silahkan cari dan klik kanan printer yang akan kamu uji coba kondisi warna tintanya.
  4. Selanjutnya pilih opsi Printing Preferences.
  5. Pada jendela printing preferences, silahkan pilih opsi maintenance.
  6. Lalu klik tombol nozzle check, kamu pun akan diarahkan pada jendala nozzle check, di sana silahkan klik print.
  7. Sistem akan melakukan test warna pada printer, tunggu hingga proses tersebut selesai.
  8. Ketika tes warna selesai, printer akan secara otomatis melakukan pengujian dengan mencetak hasil test warna tersebut.
  9. Jika hasil cetak printer tidak terdapat garis terputus-putus, maka hal tersebut menjadi indikasi head printer di dalam printermu dalam keadaaan baik. Namun jika kamu menemukan garis cetak putus-putus, maka artinya ada masalah pada head printer atau cartridge, coba lakukan head cleaning printer untuk mengatasi masalah ini.

2. Cara tes warna menggunakan fitur Print Test Page

Print test page merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mengecek kondisi printer apakah dalam kondisi atau performa baik atau tidak, termasuk bisa melihat bagaimana warna yang dikeluarkannya.

Setelah menguji printer menggunakan fitur ini, kamu bisa mendapatkan informasi jika ternyata ada masalah pada printer yang kamu gunakan dari hasil cetaknya.

Alhasil kamu bisa lebih cepat mencoba mengatasi masalahnya sebelum semakin parah. Nah langkah-langkah yang perlu kamu lakukann untuk menguji printer menggunakan fitur print test page adalah sebagai berikut:

  1. Hubungkan printer dengan komputer atau laptopmu lalu hidupkan printer.
  2. Setelah itu, buka Control Panel dari perangkat komputermu
  3. Pilih Hardware and Sound, kemudian pilih opsi Devices and Printers.
  4. Kamu akan melihat hardware yang terkoneksi dengan komputermu, silahkan pilih printer yang ingin kamu uji.
  5. Klik kanan pada printer tersebut dan pilih opsi Printer properties.
  6. Selanjutnya pada jendela printer properties yang muncul pilih opsi Print Test Page.
  7. Test pun akan dilakukan, silahkan tunggu hingga proses print selesai dilakukan.
  8. Setelah proses cetak selesai, kamu pun bisa menilai bagaimana warna yang dihasilkan printer dengan melihat hasil cetaknya.

3. Cara Tes Warna Printer dengan Tombol pada Printer

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk tes hasil kualitas warna print adalah dengan melakukan pengujian melalui tombol yang ada di printer.

Cara ini bahkan bisa kamu lakukan tanpa menghubungka printer pada perangkat laptop atau komputer sekalipun, sehingga bisa jadi solusi jika kamu terbatas dalam hal perangkat laptop atau komputer.

Cara ini bisa berbeda-beda tergantung dari merk printer-nya. Setiap merk printer memiliki kombinasi tombol mereka masing-masing untuk mengakses test print page mereka.

Berikut adalah carat tes warna printer berikut kombinasi tombol untuk beberapa merk printer ternama:

Cara Cek pada Printer Merk Epson

Berikut cara tes warna printer epson:

  1. Pengujian dilakukan dari kondisi printer dalam keadaan mati.
  2. Tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Resume yang ada pada printer hingga lampu indikator berkedip satu kali, lalu lepaskan.
  3. Printer pun akan mulai melakukan uji cetak dan kamu tinggal menunggu prosesnya selesai.

Cara Cek pada Printer Merk Canon

Berikut cara mudah test hasil kualitas warna pada printer canon:

  1. Berbeda dengan Epson, pengujian merk Canon dilakukan saat printer dalam keadaan hidup.
  2. Setelah kamu menghidupkan printer dengan tombol power, tekan dan tahan tombol Resume hingga lampu indikator berkedip dua kali, lalu lepaskan.
  3. Printer akan mulai mencetak lembar uji dan kamu tinggal menunggu prosesnya selesai

Cara Cek pada Printer Merk HP Deskjet

  1. Sama dengan Canon, pengujian pada printer HP Deskjet dilakukan saat printer dalam keadaan hidup.
  2. Setelah menghidupkan perangkat printer, kemudian mulai lakukan pengujian dengan menekan kombinasi tombol Power + tombol X dan menahannya beberapa detik hingga printer mulai mencetak lembar pengujian.
  3. Setelah itu kamu tinggal tunggu proses cetak selesai

Nah itulah tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan tes warna printer. Jika dilihat dari segi hasilnya, ketiga cara di atas tidak terlalu jauh berbeda. Jadi tergantung padamu lebih nyaman menggunakan cara yang mana.

Semoga membantu!

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version