Cara Head Cleaning Printer – Pernahkah kamu mengalami hasil cetak printer yang tidak sempurna tampak putus-putus sehingga kamu tidak puas dengan hasilnya.

Nah hal itu merupakan indicator adanya masalah pada bagian head printer. Head printer sendiri merupakan komponen printer yang bertugas untuk mengeluarkan tinta saat proses cetak dilakukan.

Nah ketika bagian head printer tersebut bermasalah maka tinta akan macet sehingga hasil print terlihat putus-putus.

Jika mengganti harga komponen satu ini cukup mahal, namun tenang saja ada solusi lain yang bisa kamu coba terlebih dahulu, yaitu membersihkannya.

Cara head cleaning printer bisa dilakukan melalui software secara otomatis dan juga manual.

Pada tulisan kali ini Klinik Tekno akan menjelaskan cara head cleaning printer secara otomatis untuk komputer dengan OS Windows dan MacOS serta bagaimana cara manualnya.

Silahkan disimak berikut penjelasan 3 cara head cleaning printer :

1. Cara Head Cleaning Printer di PC Windows

Cara pertama yang akan kami jelaskan adalah cara membersihkan head printer untuk computer atau laptop yang memakai OS Windows.

Os dari Microsoft ini menyediakan opsi pembersihan secara otomatis menggunakan perangkat lunak. Caranya pun sangat sederhana, kamu hanya perlu mengikut beberapa tahapan langkah sebagai berikut ini:

  1. Hentikan semua kegiatan yang dilakukan printer, pastikan alat pencetak tersebut tidak sedang melakukan print, scan, atau copy.
  2. Setelah printer dipastikan tidak melakukan aktivitas apapun, lanjutkan dengan klik menu Start Windows yang dapat kamu temukan di pojok kiri bawah tampilan desktop.
  3. Kemudian buka Control Panel lalu masuk ke menu Devices and Printers
  4. Pada menu tersebut kamu akan melihat daftar perangkat perangkat keras yang terhubung dengan komputermu.
  5. Cari printermu yang akan dibersihkan, kemudian klik kanan pada nama printer tersebut, kemudian klik opsi “properties” yang ada di bagian paling bawah menu yang muncul.
  6. Klik pada tab hardware atau maintenance
  7. Kemudian pilih opsi cleaning, lalu ikuti semua panduan yang muncul hingga proses pembersihan dimulai
  8. Setelah proses cleaning selesai, silahkan lakukan noozle cek untuk mengetahui bagaimana hasil cetak setelah dilakukan pmebersihan.

Catatan penting apabila kamu tidak bisa menemukan opsi cleaning, maka kamu perlu membaca kembali lihat panduan printer yang kamu gunakan.

Beberapa printer mungkin tidak memiliki opsi cleaning otomatis. Contohnya pada printer Epson, Canon, HP dan Brother.

2. Cara Head Cleaning Printer Otomatis di Mac

Sekarang kita beralih ke cara memberishkan head printer di computer Mac. Caranya tak kalah mudah dengan Windows, kamu hanya perlu mengikut langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

  1. Klik logo Apple yang ada di pojok kiri atas untuk membuka menu pilihan, kemudian pilih opsi System Preferences
  2. Pada jendela yang muncul silahkan pilih menu Printer & Scanners, kemudian pilih printer.
  3. Selanjutnya cari printer yang ingin kamu bersihkan di sisi kiri jendela, klik pada nama printer tersebut
  4. Selanjutnya klik menu Option & Supplies
  5. Kemudian pilih opsi Open Printer Utility,
  6. selanjutnya klik opsi Cleaning
  7. Lokasi serta tampilan opsi cleaning bisa berbeda-beda tergantung dari printer yang kamu gunakan. Namun secara umum, biasanya opsi cleaning terletak di bagian ini
  8. Nah setelah kamu memilih opsi cleaning, selanjutnya tinggal Ikuti semua petunjuk yang muncul di layar hingga proses pembersihan dimulai.
  9. Tunggu proses hingga selesai dan lanjutkan dengan melakukan uji cetak.
  10. Nah jika hasilnya cetaknya masih kurang sempurna atau tampak putus-putus, maka kamu perlu melakukan pembersihan secara manual.

3. Cara Head Cleaning Printer secara Manual

Cara terakhir untuk membersihakan head printer adalah cara manual. Cara ini bisa menjadi pilihanmu ketika cleaning otomatis yang sudah kami jelaskan di atas tidak mengatasi masalah cetak yang kamu alami.

Cara head cleaning printer ini mengharuskanmu untuk membongkar printer dan membersihkan sendiri komponen head printer yang ada di dalamnya menggunakan carian pembersih khusus head atau disebut head cleaner.

Meski berkaitan dengan perangkat keras namun cara ini masih tergolong praktis dan juga cukup ekonomis, karena kamu tidak perlu membawa printer ke tukang servis.

Sebelum masuk ke cara head cleaning printer secara manual, ada beberapa peralatan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu, yaitu:

  1. Head Cleaner printer yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko online atau offline. Harganya bervariasi untuk yang 100 ML saja tidak lebih dari Rp 100ribu.
  2. Spuit suntik + jarum
  3. Wadah untuk merendam head.

Setelah semua peralatan sudah kamu persiapkan, kamu bisa mulai membersihkan head printer dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka lalu letakkan head printer pada wadah yang sudah kamu siapkan
  2. Kemudian ambil Head Cleaner secukupnya menggunakan spuit,
  3. Selanjutnya semprotkan cairan head cleaner tersebut ke wadah head printer
  4. Rendam head printer di dalam cairan head cleaner selama 1-4 jam, atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  5. Setelah itu, angkat head printer kemudian lakukan tes dengan menempelkan komponen tersebut ke tissue. Jika kamu melihat semua warna keluar pada tissue, maka head printer sudah tidak tersumbat.
  6. Selanjutnya silahkan pasang kembali head printer
  7. Lanjutkan dengan melakukan cek nozzle, jika hasilnya sudah normal dan tidak putus-putus, maka kamu sudah berhasil membersihkan head printer secara manual.

Cara membersihkan head printer yang kami bagikan di atas adalah cara-cara mudah yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah dan hanya merupakan pertolongan pertama.

Jika setelah melakukan ketiga cara head cleaning printer tersebut masalah printer-mu belum juga teratasi, maka kamu harus membawa alat cetak tersebut ke tukang servis yang sudah lebih berpengalaman. Semoga membantu!

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version