Perbedaan Warna Hardisk SSD WD Green, Blue, Black, Red, Ungu dan Gold – Jika kamu memperhatikan, produk-produk hardisk dari WD Western Digital menerapkan mekanisme kode warna.

Kamu bisa menemukan Hardisk WD berwarna hijau (WD Green), biru (WD Blue), hitam (WD Black), merah (WD Red) dan juga emas (WD Gold).

Nah, apakah arti dari warna-warna tersebut?

Pada tulisan kali ini kamu akan mengetahui apa arti dari warna-warna tersebut, di mana kamu harus memperhatikannya ketika hendak membeli harddisk ataupun ssd agar bisa menentukan pilihan yang lebih tepat sesuai kebutuhanmu.

Perbedaan Warna Hardisk dan SSD WD

Silahkan berikut adalah penjelasan kami tentang perbedaan antara Hardisk ssd WD green, blue, black, red, purple dan juga gold :

WD Green

Keluarga SSD WD berwarna hijau adalah perangkat penyimpanan yang dirancang untuk menangani tugas komputasi ringan sehari-hari.

Oleh karena itu, produk ini lebih cocok digunnakan untuk para mahasiswa atau pengguna biasa rumahan yang tidak memerlukan kinerja penyimpanan yang terlalu besar.

Produk-produk yang tergolong ke keluarga WD Green  adalah WD Green SATA SSD dan WD Green SN350 NVMe SSD.

Mengingat spesifikasinya yang didesain di kemampuan rata-rata, maka secara harga, harddisk dari keluarga WD Green dibandrol dengan mahar yang lebih murah dibanding kode warna lain.

WD Blue

Keluarga SSD WD Blue memiliki kelas sedikit di atas WD green. Pihak WD pun mengklaim produk HDD dan SSD dengan kode warna biru memiliki kekuatan yang cocok digunakan oleh para kreator.

Produk WD Blue ideal untuk digunakan pada laptop, PC desktop, dan all-in-one.

Keluarga dengan kode wara biru ini memiliki varian yang lebih banyak dibandingkan denegan WD Green, di mana masing-masing produk menawarkan performa dan bentuk berbeda.

Produk yang termasuk ke dalam keluarga WD Blue adalah WD Blue SATA SSD, WD Blue SN550 NVMe™ SSD, WD Blue SN570 NVMe™ SSD, WD Blue 2,5″ HDD dan WD Blue 3,5″ HDD.

Jika budget-mu terbatas kamu dapat memilih WD Blue SATA SSD yang sudah menawarkan kapasitas hingga 4TB dengan kecepatan baca 560 mbps dan tulis 530 mbps.

Namun jika kamu punya modal lebih besar, kamu bisa meminang SN550 atau SN570 yang kecepatan baca dan tulisanya di atas 2500 mbps.

WD Black

Nah, jika kamu seorang gamer, maka kamu bisa memilih produk WD dengan seri warna hitam alias WD BLACK untuk membangun pc gaming yang kamu gunakan.

Produk penyimpanan WD dengan kode warna hitam ini memang dirancang secara khusus oleh pihak WD untuk menjadi tempat menyimpan dan menginstall kebutuhan gaming.

Produk-produk WD black adalah WD_BLACK HDD, WD_BLACK SN770 NVMe SSD dan WD_BLACK SN850 NVMe SSD.

SSD dari keluarga WD_Black dibekali kecepatan baca di atas 5000 Mbps, begitu juga dengan kecepatan tulisanya. Bahkan seri WD_BLACK SN850 NVMe SSD memiliki kecepatan baca hingga 7000 mbps.

Untuk Harddisknya dilengkapi cache DRAM 2 kali lipat yang mampu meningkatkan proses membaca menjadi lebih cepat.

WD Red

Produk WD Drive dengan kode warna merah (WD Red) dirancang khusus untuk digunakan pada sistem Penyimpanan Terpasang ke Jaringan alias Network-attached storage (NAS).

Produk-produk dari keluarga WD Red cocok untuk digunakan pada NAS atau computer server di kantor, rumah hingga bisnis skala menengah.

Hal tersebut tak terlepas dari optimasi yang ditawarkan WD dalam meningkatkan kapasitas sistem NAS hingga 24 penampung drive.

Selain itu, WD Red juga dirancang untuk cocok dengan lingkungan NAS yang dituntut untuk selalu aktif, sehingga Drive WD Red mampu bertahan dari panas, getaran, dan pemakaian durasi panjang.

Produk dari WD Red cukup beragam yang disesuaikan dengan tingkat pemakaiannya. Ada WD Red HDD untuk NAS rumahan atau lingkungan kantor kecil.

Lalu WD Red Plus HDD untuk bisnis kecil di lingkungan 24/7, WD Red Pro HDD yang bisa menangani kebutuhan NAS untuk bisnis lebih besar.

WD Red SA500 NAS SATA SSD yang dibekali latensi rendah dengan responsivitas tinggi untuk pemakaian berat 24/7 hari.

Terkahir ada penyimpanan WD Red SN700 NVMe SSD yang merupakan produk dengan spesifikasi paling tinggi di tipe penyimpanan WD Red.

WD Purple

WD Purple adalah lini produk drive terbaik yang secara eksklusif dirancang untuk kebutuhan sistem kamera pengawas cctv yang harus beroperasi 24/7.

Tipe penyimpanan WD Purple HDD memiliki ketahanan luar biasa agar bisa bertahan untuk pemakaian durasi lama. Karena HDD WD Purple ini sangat cocok dan bagus untuk digunakan pada cctv.

Produk penyimpanan WD dengan kode warna ungu  juga dapat melakukan perekaman video cerdas karena dilengkapi teknologi AllFrame yang dapat merekam resolusi HD serta dapat membantu mengurangi risiko kehilangan frame.

Varian dari jenis penyimpanan warna ungu ini ada hard disk WD Purple, WD Purple Pro dan juga WD Purple microSD.

WD Gold

Terakhir adalah produk-produk WD dengan kode warna emas alias tipe WD Gold yang dihadirkan untuk mengisi kebutuhan penyimpanan perusahaan atau korporat.

Jenis WD Gold dirancang khusus untuk aplikasi di dalam pusat data (server) bisnis kecil yang bisa melakukan pengiriman, penulisan, serta akses data berkelanjutan 24/7.

Ada dua varian yang tergolong ke tipe WD Gold, yaitu WD Gold HDD dan WD Gold Enterprise-Class NVMe SSD.

Keduanya dirancang khusus untuk diaplikasikan pada server kelas perusahaan, sehingga ideal digunakan untuk server email, pusat data, dan larik RAID untuk larik aplikasi perusahaan.

Nah itu dia penjelasan kami tentang perbedaan kode-kode warna yang ada di produk penyimpanan WD Western Digital.

Jadi jangan salah lagi, setiap kode warna SSD Harddisk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Setelah mengetahui ini kamu harusnya bisa lebih tepat dalam memilih produk penyimpan Hardisk SSD WD yang cocok dengan kebutuhanmu.

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version