Penyebab Kerusakan Lampu Kulkas – Kulkas biasa kita gunakan untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap dalam kondisi segar yang lebih lama.

Namun tidak hanya makanan dan minuman beberapa benda dan juga obat -obatan yang membutuhkan suhu tertentu seperti obat injeksi biasanya disimpan didalam kulkas.

Didalam ruang kulkas umumnya diberi fitur penerangan sehingga dapat membantu kita lebihh mudah dalam memilih dan mengambil makanan di dalam kulkas.

Untuk kulkas satu pintu dan sebagian kulkas besar kulkas 2 pintu masih menggunakan jenis lampu neon yang sering kali memiliki waktunya terbatas.

Kerusakan Lampu Kulkas dan Cara Perbaikan

Kerusakan lampu kulkas memang sering terjadi pada Kulkas yang masih menggunakan lampu neon. Untuk kulkas yang menggunakan lampu LED kemungkinan kerusakan minim.

Karena pada kulkas lampu LED yang digunakan memiliki kualitas lampu yang lebih baik, menhasilkan panas yang sedikit, dan dayanya pun juga relatif lebih kecil

Penyebab Lampu Kulkas Mati

Lampu bolam pada kulkas memiliki filamen yang memiliki masa hidup terbatas dan juga beberapa penyebab lain yang membuat instalasi lampu bermasalah.

Sehingga banyak kulkas dengan lampu neon yang masih bekerja dengan baik namun kondisi lampunya mati. Keadaan ini bisa terjadi karena beberapa hal yang diantaranya adalah.

Kerusakan Lampu

Umur dari lampu yang sudah tua membuat kulkas menjadi rusak atau putus pada filamennya. Pertama Anda bisa mencongkel penutup lampu dengan batuan obeng kemudian putar lampu untuk melepasnya dari fitting.

Kemudian lihat pada bolam lampunya pada filamennya apakah putus atau terbakar. Untuk lebih jelas gunakan avometer untuk melakukan pengecekan jika tidak ada hambatan berarti lampu ini memang dalam keadaan rusak

Namun jika setelah dilakukan pengecekan lampu masih hidup, bisa jadi mungkin karena fitting yang bermasalah. Untuk lampu mengalami kerusakan Anda bisa membeli penggantinya di toko listrik setempat.

Saat membeli lampu tidak harus sama secara fisik bolamnya yang penting memiliki  ukuran yang sesuai dengan fitting lampu kulkas.

Jika ingin memasang lampu kulkas dengan kebutuhan daya yang hemat Anda bisa membeli lampu model LED yang sekarang banyak dijual ditoko online.

 

lampu kulkas tidak semua toko listrik menjual tapi untuk lebih mudah sebagai alternatif Anda bisa membeli lampu cabe. Jenis lampu ini cocok  dipasang pada fitting lampu kulkas.

Untuk pemasang sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan tukang servis. Namun sebelumnya untuk keamanan lebih baik pemasangan dilakukan dalam kondisi kulkas mati.

Setelah membeli dan Anda melakukan pasangan pada fitting lampu kulkas, pastikan Anda putar sampai erat.

Kemudian nyalakan kulkas, seharusnya lampu akan langsung menyala karena pada posisi pintu kulkas dibuka. Jika belum menyala kemungkinan pemasangan kurang sempurna.

Lakukan koreksi pemasangan dengan mengencangkan dan mengendurkan lampu dengan hati – hati sampai lampu menyala.

Setelah pemasangan dan lampu menyala kemudian pasang kembali petutup lampu. Cover/penutup lampu ini berfungsi untuk mengurangi terjadinya grounding karena air masuk ke fitting lampu.

Fiting dan instalasi Kulkas

Gunakan avometer untuk melakukan pengecekan pada instalasi kabel lampu, ikat ujung kabel colokan kulkas dengan kabel tembaga kemudian copot lampu dan cek pada fittingnya.

Jika tidak ada hambatan kemungkinan ada kabel atau saklar yang rusak sehingga arus terputus. selain itu lakukan pengecekan juga pada instalasi kabelnya.

Kabel rusak atau putus ini bisa disebabkan oleh gigitan tikus, karena kualitas kabel kulkas cukup bagus dan butuh waktu lama untuk ngapur. Anda juga bisa melakukan pengecekan pada saklar lampu kulkas apakah kabelnya terlepas atau tidak.

Bila perlu gunakan kawat jaring untuk menutup bagian belakang kulkas sehingga aman dari hewan pengerat seperti tikus.

Kerusakan Saklar

Saklar lampu kulkas berada didekap pintu, karena seringnya buka tutup pintu kulkas dengan penggunaan kulkas yang semakin lama maka tentunya membuat saklar kulkas rentan mengalami kerusakan.

Sebelumnya pastikan dulu kulkas dalam kondisi mati kemudian lepaskan dan tarik saklar kulkas kemudian lakukan pengecekan. Kadang kotoran yang menumpuk atau pegas yang berkarat bisa membuat saklar ini macet.

Jika masih bisa diperbaiki maka bisa dipasang kembali namun jika rusak Anda bisa melepaskan kabel pada saklar kemudian membelinya yang baru dengan contoh dari kulkas yang rusak tersebut.

Itulah tadi penyebab lampu kulkas tidak menyala dan bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Semoga infomasi ini bisa membantu Anda.

Share.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM

Leave A Reply

Exit mobile version