Manusia memang sulit untuk melepas ketergantungan terhadap energi listrik karena hampir seluruh sektor perekonomian mengandalkan energi tersebut agar bisa berjalan dengan normal setiap harinya. Energi listrik menjadi sebuah hal yang wajib ada dan dibutuhkan agar kegiatan sehari – hari bisa tetap berlangsung.

Semakin tingginya kebutuhan atas energi, tentunya membuat manusia menjadi terus mengeksploitasi berbagai sumber daya agar bisa tetap bertahan hidup. Namun, kita lupa bahwa sumber daya mempunyai batasan yang dapat kita pakai sebelum akhirnya akan habis tidak bersisa.

Penghematan Energi Listrik

Energi listrik tidak dapat terlepas dari aktivitas rutin seorang pemilik rumah yang seringkali dalam penggunaan listrik tidak dibatasi sehingga mengakibatkan tagihan listrik membengkak.

Seiring waktu akhirnya membuat semua orang menjadi sadar bahwa energi yang kita pakai setiap harinya akan habis dan tidak bisa dibuat kembali.

Hingga mulailah bermunculan berbagai energi alternatif yang digunakan secara berulang dan diperbarui tanpa khawatir jumlahnya akan berkurang.

Menerapkan cara menghemat listrik dalam kehidupan sehari-hari memiliki banyak manfaat, baik dari sisi kecilnya biaya yang akan dikeluarkan maupun pada kesehatan bumi yang akan terus berlangsung.

Cara menghemat listrik menjadi sebuah topik yang tak pernah berhenti dibicarakan karena dapat menguntungkan pengguna listrik dalam memahami cara menghemat listrik yang benar dalam menjaga kelangsungan kehidupan.

Untuk menghasilkan tenaga listrik, salah satu sumber daya sebagai penggerak turbin adalah batu bara, jadi semakin banyak kebutuhan pasokan listrik, maka penggunaan batu bara juga akan meningkat.

Pengertian dari Energi

Pengertian energi dikutip dari Wikipedia, jika energi berasal dari bahasa Yunani ‘Energia’ yang berarti sebuah kegiatan ataupun aktivitas yang dapat diartikan sebagai suatu kemampuan untuk melakukan sebuah usaha atau pekerjaan.

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat berapa sumber energi yang dapat membantu kehidupan manusia yang tidak hanya energi listrik, minyak, ataupun batu bara, namun terdapat berbagai sumber energi beserta dampaknya yang dapat dirasakan.

Dampak Dari Boros Memakai Energi Listrik

Mungkin Anda tidak akan menyangka jika Anda sedang melakukan pemborosan penggunaan energi listrik, tentu akan membawa dampak yang buruk bagi setiap orang.

Sebelum melihat dalam cakupan yang lebih luas, sebaiknya terlebih dahulu perlu untuk dimengerti mengenai dampak dari boros memakai energi listrik terhadap rumah tangga yang akan sangat merugikan.

Kebiasaan dalam menggunakan energi secara tidak tepat guna, maka akan menyebabkan kerugian bagi siapa saja dengan penggunaan energi yang boros akan membuat tagihan listrik menjadi membengkak setiap bulannya.

Bisa di bayangkan berapa banyak tagihan yang harus di bayarkan jika seluruh perangkat elektronik di rumah secara terus menyala dalam waktu yang bersamaan.

10 Cara Menghemat Listrik di Rumah

Memiliki tagihan listrik yang terus meningkat setiap bulannya tentu menjadi keluhan yang sering diutarakan oleh kebanyakan orang.

Banyak faktor yang menyebabkan tarif listrik semakin tinggi, salah satunya adalah penggunaan listrik yang tidak efisien di rumah. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat cara-cara yang dapat dilakukan untuk menghemat listrik di rumah?

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghematl istrik di rumah:

1. Gunakan Lampu LED

Cara menghemat listrik pertama yaitu dengan mengganti lampu rumah menjadi lampu LED yang memiliki watt jauh lebih kecil dibanding lampu konvensional.

Lampu LED memang sedikit mahal, namun dengan watt yang jauh lebih kecil, justru akan lebih menghemat listrik secara jangka panjang.

Umumnya, lampu LED 7 watt memiliki daya cahaya yang sama dengan bohlam 60 watt biasa, maka dengan perbedaan nilai watt yang lumayan signifikan ini dapat mengurangi tagihan listrik yang cukup besar.

2. Maksimalkan udara dari jendela

Dengan memaksimalkan udara melalui jendela, maka bisa menjadi salah satu cara dalam menghemat listrik yang efektif karena dengan adanya udara dari luar, maka tidak perlu lagi untuk menyalakan AC ataupun kipas angin terlalu sering. Selain itu, udara segar yang masuk tentu akan membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan sangat nyaman.

3. Matikan lampu saat pagi hingga sore hari

Memanfaatkan cahaya matahari pada pagi hingga sore hari dapat menjadi cara untuk menekan tagihan biaya listrik di rumah.

Padahal jika dilakukan secara rutin, maka dapat menjadi cara menghemat listrik dalam kehidupan yang akan memberikan dampak positif, baik untuk lingkungan maupun biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan daya, namun sayangnya beberapa orang menyepelekan hal tersebut.

4. Cabut stop kontak saat malam hari

Tanpa di sadari, listrik tetap mengalir jika barang elektronik yang tetap tertancap pada stop kontak meskipun sudah tidak digunakan.

Dengan begitu, listrik akan terbuang sia-sia, sehingga cara menghemat energi listrik satunya dengan mencabut perangkat yang tidak terpakai yang selalu tertancap pada stop kontak.

5. Beralih ke fast charging

Teknologi yang semakin canggih mendukung terciptanya fast charging walaupun wattnya lebih tinggi dibanding charger biasa, namun fast charging bisa menjadi salah satu alternatif dalam cara menghemat energi listrik.

Dengan menggunakan fast charging tidak harus untuk membiarkan alat elektronik terhubung dengan listrik dalam waktu yang lama.

6. Memilih perangkat laptop untuk bekerja

Jika menghabiskan banyak biaya karena harus selalu menyalakan PC saat WFH, maka solusinya adalah beralih ke perangkat laptop.

PC berperforma lebih kuat dibanding laptop, tetapi untuk kebutuhan sebuah PC membutuhkan daya sebesar 300 watt, sedangkan laptop hanya membutuhkan sekitar 180 watt saja.

7. Hindari dispenser air listrik

Sebagian besar dari Anda pasti belum mengetahui bahwa dispenser air listrik bisa memiliki watt yang lebih tinggi dibandingkan dengan AC dan kulkas.

Anda bisa mengurangi tagihan listrik dengan menggunakan dispenser manual untuk keperluan air panas bisa dengan merebus air dan jika suka air dingin, maka kulkas juga bisa untuk mendinginkan air.

8. Matikan TV ketika tidak digunakan

TV yang tetap menyala bisa menghabiskan daya sebesar 5 watt, maka dari itu mematikan TV yang tidak digunakan merupakan cara dalam menghemat listrik yang akan sangat berpengaruh. Lebih baik lagi jika mencabut kabel TV yang tidak dinyalakan juga untuk memutuskan aliran listrik.

9. Mengatur kulkas supaya hemat energi

Mengatur penggunaan kulkas dengan bijak dengan kulkas yang memiliki fitur untuk membuat suhunya tetap stabil. Dengan begitu, jika terlalu sering membukanya, maka daya penggunaan listriknya akan naik.

Hal itu dikarenakan kulkas harus bekerja lebih keras untuk membuat suhunya stabil. Sekat karet yang lepas, makanan panas, dan jarak dinding yang dekat semua bisa meningkatan daya listrik kulkas.

10. Mencuci banyak baju dalam satu waktu

Mesin cuci memiliki konsumsi daya watt yang besar, dengan daya 250 watt untuk cuci/bilas dan 150 watt untuk mengeringkan baju.

Jadi untuk penggunaan mesin cuci yang efisien dan hemat listrik, Anda bisa menentukan jadwal tepat untuk mencuci baju, misalnya jika mesin cuci Anda mampu dipenuhi dengan jumlah pakaian kotor selama 5 hari, maka Anda bisa mencuci baju setiap 5 hari sekali.

Demikianlah artikel tentang 10 cara menghemat listrik di rumah dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version