Cara Mengganti Kondensor Kulkas – Kondensor merupakan salah satu komponen kulkas yang memiliki fungsi penting saat kulkas bekerja. Dimana alat ini berkerja sebagai penukar panas saat proses perubahan gas refrigeran yang tadinya masuk ke dalam kompresor pendingin dalam bentuk cair.

Tanpa adanya kondensor suhu dingin beku didalam ruang freezer kulkas tidak akan tercapai. Pipa kondensor berada disekelingi bodi kulkas yang tertutup oleh metal bodi kulkas.

Sebagai komponen penukar panas tentunya kondensor akan terasa panas jika kita raba saat kulkas bekerja dengan baik. Dan sebagai bukti jika didalam bodi terdapat pipa kondensor kita bisa meraba pada samping kiri kanan dan belakang kulkas yang akan terasa hangat.

Yang menjadi kekurangan dari kondensor adalah dari segi bahan materialnya yang biasanya menggunakan besi. Bahan besi akan lebih mudah dan rawan terjadi korosi dan karat dalam penggunaan jangka panjang.

Pada kulkas lawas sering kaki mengalami kaki – kaki yang keropos sampai kebodi, dimana letak kondensor berada pada bodi yang ikut terkena imbasnya.

Pipa kondensor ikut bocor sehingga freon keluar dan akhirnya kulkas menjadi tidak dingin. Korosi pada evaporaotr ini juga menimbulkan serpihan kotoran yang bisa masuk kedalam kompresor sehingga mengganggu kinerja dari kompresor tersebut.

Cara Mengganti Kondensor Kulkas

Kebocoran pada kondensor seperti ini juga akan sulit diperbaiki atau dilakukan penambalan. Ini dikarenakan letaknya berada didalam bodi selain itu bahannya yang dari besi akan sulit dilas dengan perak tembaga.

Satu – satunya solusi tentunya adalah dengan melakukan penggantian kondensor dengan yang baru dan diletakan di belakang bodi kulkas yang mengalami kerusakan.

Untuk itu kali ini KlinikTekno akan membagikan cara mengganti kondensor kulkas 1 pintu, kulkas freezer yang baik dan benar agar kulkas bisa digunakan kembali.

Sebelumnya Kita harus mempersiapkan peralatan yang akan kita gunakan untuk melakukan perbaikan kulkas karena tentunya kita tidak hanya memasang kondensor namun juga mengganti oli dan mengisi gas freon.

Peralatan

  • Kondensor baru
  • Filter
  • Pemotong pipa
  • 2 Potong pipa tembaga
  • tang
  • tang penjepit pipa
  • Flaring tool/traker pembesar pipa
  • obeng
  • paku
  • palu
  • baut dan klam
  • amplas
  • borak
  • kawat las perak/tembaga
  • las portable
  • manifol

Pemeriksaan dan Pemasangan Kondensor Kulkas

Ketika Semua peralatan sudah disiapkan selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan dan pemasangan kondensor. sebelumnya bersihkan bodi kulkas dan lakukan renovasi pada kaki – kaki kulkas jika dibutuhkan.

Pemasangan Kondensor Kulkas

Kemudian persiapkan Kondensor yang akan dipasang dan letakkan ditempat yang akan dipasang, dalam hal ini adalah belakang bodi kulkas.

Tempelkan kondensor pada bodi belakang kulkas. Dan untuk memudahkan pemasangan tempelkan kondensor secara pas kemudian tandai tempat yang digunakan untuk klam dan dan membaut kondensor.

Setelah itu letakkan kembali kondensor dan lubangi tanda tadi dengan paku dan palu seperlunya saja agar memudahkan saat pemasangan dan mengencangkan baut.

Plat besi pada kulkas sebenarnya tidak terlalu tebal namun tetap akan menyulitkan jika Anda langsung menggunakan baut dan obeng.

Setelah diberi tanda dan dilubangi maka kondensor dapat dipasang dengan bantuan baut dan klam. Kencangkan baut klam pada kondensor agar kondensor tidak bergerak.

Untuk pemilihan kondensor yang bagus, gunakan kondensor dengan ukuran 10 U. Yang di maksud U disini adalah jumlah lengkungan pipa kondensornya. Kondensor 10 U menghasilkan pendinginan yang optimal dan cepat.

Perhatikan pemasangannya pada bodi kulkas jangan sampai terbalik. Jika pemasangan terbalik sebenarnya tidak berpengaruh pada kinerja namun dalam penyambungan ke pipa kompresor akan lebih sulit dan kurang rapi.

Untuk penyambungannya nanti pada ujung yang panjang disambungkan langsung ke kompresor pada jalur pipa untuk kondensor.

Sedangkan pipa satunya yang lebih pendek disambungkan dengan filter.

Pengelasan Kondensor Kulkas

Jadi sebelum dilas atau disambung pada kompresor, sebelumnya kita pasang dulu pipa tembaga di kedua ujung kondonsor ini. Hal ini untuk memudahkan nantinya jika ada pemotongan dan juga pemasangan filter.

Setelah pemasangan pada bodi kulkas selesai selanjutnya adalah penyambungan pipa. Siapkan 2 pipa tembaga dan masukan pada kedua ujung pipa kondensor.

Namun sebelum itu amplas kedua ujung pipa kondensor sampai cat dan kotoran hilang setelah itu pasang kembali pipa tembaganya.

Untuk penyambungan pipa tembaga dan pipa besi memang agak sulit oleh karena itu dibutuhkan borak untuk membantu kedua materi logam itu tersambung.

Pertama panaskan kedua pipa ini dan juga kawat tembaganya menggunakan las asetilin atau las portable. Saat kawat mulai meleleh tempelkan pada borak kemudian tempel pada pipa.

Tempelkan lebih banyak pada pipa besinya yang sulit tersambung, karena untuk pipa tembaga sudah pasti akan menempel. Tempelkan kawat las sedikit demi sedikit dan diimbangi dengan borak.

Yang harus diperhatikan juga adalah pada pengaturan api las, jangan sampai dilakukan penyemburan panas terus menerus karena cairan kawat las bisa saja masuk kedalam pipa dan malah menyumbat sambungan pipa.

Setelah kedua pipa tembaga terpasang selanjutnya adalah melakukan penyambungan pada kompresor. penyambungan akan lebih mudah karena sama – sama pipa tembaga.

Hanya saja Anda perlu memperbesar ukuran diameter salah satu pipa agar bisa disambung dan mengurangi resiko buntu.

Gunakan flaring tool untuk mengembangkan pipa secara perlahan karena jika dilakukan tidak hati – maka pipa tembaga akan pecah.

amazon.com

Terlebih dahulu sambung pipa yang langsung menuju kondensor. Las dengan hati – hati dan jangan terlalu lama, jika pengelasan benar maka 2 sampe 3 olesan kawat las saja sudah cukup untuk menyambung pipa.

Setelah dilas nyalakan kompresor, cek apakah pengelasan ada kebocoran. Tutup pipa yang terbuka dengan jari kemudian Anda bisa menggunakan busa dan air sabun untuk membalurnya pada las – lasan.

Jika ada kebocoran maka akan nampak dari sela busa sabun. Namun jika tidak ada kebocoran maka dilanjutkan untuk pengelasan selanjutnya.

Langkah selanjutnya matikan kembali kompresor, siapkan filter dan sambungkan pada ujung selang kondensor kemudian lakukan pengelasan.

Nyalakan kembali kompresor dan rasakan apakah ada aliran udara dari filter, jika ada berarti pengelasan aman dan tidak terjadi buntu. Tutup ujung filter dan oles dengan sabun atau rasakan pada las – lasan apakah terjadi bocor atau tidak.

Setelah dipastikan aman maka sambung pipa kapiler dari evaporator ke ujung filter. Masukan agak panjang kedalam filter utnuk mengurangi resiko buntu.

Kemudian setelah selesai Nyalakan kembali kompresor, lakukan pengecekan pada pipa evaporator. Jika angin keluar dari pipa evaporator berarti las – las aman dan pemasangan kondensor berhasil.

Langkah selanjutnya tinggal melakukan pengelasan pada pipa evaporator menuju kompresor dan kemudian pengisian freon kulkas dan jika berhasil kulkas bisa digunakan kembali.

Mungkin itu saja Informasi dari kami untuk pemasangan kondensor eksternal agar kulkas bisa digunakan kembali, semoga informasi ini bermanfaat.

Share.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM

Leave A Reply

Exit mobile version