Cara Mengetahui Jenis Slot VGA di Motherboard Komputer – Cara cek tipe slot VGA di motherboard merupakan langkah untuk membuka dan mengidentifikasi jenis VGA yang digunakan pada motherboard.

Cara mengetahui jenis slot VGA di motherboard sebenarnya tidak membutuhkan cara khusus. kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk mengidentifikasi jenis slot yang digunakan. Ada beberapa tipe slot berbeda yang banyak digunakan.

Di dalam sebuah motherboard, ada banyak slot yang digunakan di dalamnya. Sebelum ke cara mengetahui slot VGA di motherboard, berikut ini merupakan jenis-jenis slot yang banyak digunakan.

Jenis-jenis Slot VGA

Berikut ini merupakan jenis-jenis slot VGA yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Dengan mengetahui beberapa jenis-jenisnya kamu lebih mudah untuk mengidentifikasi tipe slot VGA apa yang terdapat pada motherboard kamu.

Slot VGA – ISA

Slot VGA ISA merupakan singkatan dari industry Stkamurd Architecture. VGA ini dioperasikan dengan sistem 8 bit dan 16 bit. Kecepatan tersebut masih tergolong rendah untuk kecepatan sebuah VGA. Saat ini, jenis slot VGA – ISA sudah sangat jarang digunakan.

Sebagai gantinya, slot VGA mulai digantikan dengan sistem yang lebih baru dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Slot VGA – PCI

VGA PCI (Peripheral Component Interconnect) merupakan jenis slot VGA dengan kecepatan 32 bit dan 64 bit. Jenis ini memiliki bentuk yang unik di bagian depan. kamu akan melihat bentuk pin pada slot yang lurus, namun tetap memiliki lekukan pada yang terlihat vertikal.

VGA PCI memiliki banyak keterbatasan, terutama pada poin kecepatan kinerja dan beberapa kemampuan lain. Meskipun masih ada yang menggunakannya, namun VGA PCI sudah mulai jarang digunakan. Beberapa tahun yang lalu, VGA PCI menjadi salah satu slot VGA terbaik.

Slot VGA – PCI Ekspress

VGA dengan slot model PCI Ekspress merupakan tipe VGA yang hampir sama dengan slot VGA PCI biasa. Namun model ini telah dikembangkan baik dari segi modelnya maupun kecepatan kinerjanya. VGA PCI Ekspress menawarkan kinerja yang lebih cepat dan fitur yang lebih lengkap.

Ada lebih dari 5 pilihan tipe dari VGA PCI Ekspress. kamu bisa memilih berdasarkan kecepatan yang dibutuhkan. Tips yang banyak beredar di pasaran adalah VGA PCIe 8x dan VGA PCIe 16x. Kecepatan transfernya bisa hingga 32 bit dan cukup cepat untuk digunakan.

Slot VGA Card AGP

Slot VGA yang terakhir adalah slot AGP (Accelerated Graphics Port). Jenis slot yang satu ini memiliki sistem 128 bit. Bila digunakan, slot VGA yang satu ini memiliki kemampuan yang tinggi. Ada beberapa tipe slot VGA dengan perbedaan voltase.

VGA dengan slot AGP bisa disesuaikan dengan kondisi motherboard dan sistem kelistrikan di rumah kamu sehingga pemilihannya bisa sangat tepat. Ada varian lain dari slot AGP, yaitu dengan kekuatan 256 bit. Fitur ini jauh lebih tinggi dibandingkan tipe slot VGA lain.

Dari beberapa jenis slot tersebut, kamu bisa menentukan jenis slot seperti apa yang ada di dalam motherboard kamu. Tidak hanya melihat dari bentuknya namun jenis VGA juga harus dilihat dari spesifikasinya.

Cara Mengetahui Jenis Slot VGA di Motherboard

Untuk cara cek slot vga card pda motherboard ada 2 cara, Yaitu cara manual dengan membuka casing pc dan mengindentifikasi sendiri dan dengan cara menggunakan software pihak ketiga. berikut cara melihat tipe slot vga card motherboard merek Asus, MSI, Gigabyte, AsRock dan lainnya.

1. Cara Cek jenis slot VGA dengan buka Casing PC

Cara mengetahui jenis slot VGA dengan buka casing. Bila kamu ingin mengetahui slot VGA yang berada di dalam motherboard, berikut ini merupakan langkah dan cara untuk mengidentifikasi tipe slot VGA:

Buka Casing PC

Langkah pertama adalah dengan membuka casing motherboard. Ada beberapa tips yang menyarankan kamu untuk tidak membuka casing ketika akan melihat jenis slot motherboard. Namun sebenarnya langkah itu membuat proses identifikasi menjadi tidak akurat.

Lihat Bagian Socket

Langkah yang kedua adalah dengan melihat bagian socket yang ada di dalamnya. Ada banyak socket yang terdapat di dalam motherboard. kamu bisa melihat ke bagian slot dimana tertulis bagian VGA sehingga kamu bisa mengidentifikasi jenisnya dengan cepat.

Kenali Tipe Slot VGA pada Motherboard

Di bagian tersebut, ada berbagai slot VGA yang berada di dalam motherboard. kamu harus membaca dengan seksama dan melihat jenis slot seperti apa yang terpasang di dalam motherboard. Meskipun ada banyak jenis socket, namun VGA Card memiliki bentuk yang khas.

Saat memeriksa slot VGA, pastikan kamu sangat berhati-hati dalam melakukannya. Ketika kamu membuka casing, pastikan kamu tidak merusak bagian socket yang banyak berada di dalamnya. Socket merupakan bagian yang cukup mudah rusak. Hindari menggunakan benda tajam saat membukanya.

Bila kamu telah menemukan bagian slot VGA yang berada di dalam motherboard, lakukan proses identifikasi dengan cepat dan hati-hati tanpa merusak slot tersebut. Agar langkah lebih mudah dan cepat selesai, kamu sebaiknya mengenali beberapa jenis slot vga terlebih dahulu sebelum membuka casing komputer.

Tapi jika tidak ingin membuka casing komputer bisa coba untuk mencari informasi spesifikasi motherboard di internet atau di website resmi.

2. Cara Mengetahui Jenis Slot VGA Menggunakan Aplikasi

Apabila komputer saat ini masih bisa menyala, Anda bisa coba menggunakan aplikasi Speecy untuk melihat tipe slot vga di motherboard:

Download dan install aplikasi Speccy. Bisa download disini.

Jika sudah terinstal di komputer, silahkan jalankan aplikasinya, dan pilih dibagian menu Graphics.

Di menu Graphics, Anda bisa perhatikan pada bagian Bus Interface, misalkan contoh pada gambar ini vga nya bertipe PCI Express x16.

Atau juga bisa dengan melihat pada menu Motherboard di aplikasi Speccy. Pada menu Motherboard Anda akan bisa melihat detail lengkap spesifikasi motherboard yang digunakan di Komputer Anda.

Pada menu Motherboard di aplikasi Speccy, Anda akan bisa melihat spesifikasi motherboard mulai dari model motherboard, model chipset, versi BIOS, brand motherboard dan tipe slot vga.

Mudah bukan mengetahui VGA Card yang cocok untuk motherboard. Cara cek tipe slot VGA ini juga bermanfaat apabila Anda ingin membeli motherboard baru. Karena harus mempertimbangkan cocok atau tidak nya VGA dengan motherboard yang digunakan.

VGA merupakan salah satu bagian terpenting di dalam sebuah komputer. Bila kamu telah mengetahui jenis VGA yang digunakan, kamu bisa melakukan upgrade komputer dengan lebih mudah. Gunakan beberapa langkah atau cara mengetahui jenis slot VGA di motherboard dengan tepat dan hati-hati.

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

1 Komentar

  1. kak di waktu saya cek di speccy bagian motherboard tertulis “slot designation J6B2”, itu maksudnya apa ya? saya coba searce gak ketemu artinya

Leave A Reply

Exit mobile version