Cara Memasukan Nomor Token Listrik ke Meteran – PLN mengeluarkan dua jenis layanan listrik yaitu layanan prabayar yang menggunakan token dan layanan pascabayar yang harus di bayar setiap awal bulannya dan sejak lama PLN telah memperkenalkan sistem langganan terbarunya, yaitu dengan penggunaan token listrik prabayar.

Sistem prabayar dibuat untuk memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk melakukan penghematan energi dan menghitung sendiri pemakaian listrik per bulannya.

Bagi pengguna listrik prabayar, maka cara mengisi token listrik menjadi suatu hal yang penting untuk di ketahui karena layanan listrik prabayar ini terhitung baru dikeluarkan setelah layanan pascabayar, sehingga masih terdapat beberapa orang yang kebingungan bagaimana cara mengisi pulsa listrik tersebut.

Token listrik PLN secara bertahap juga diimplementasikan dalam rangka untuk menggantikan listrik meteran dengan penggunaan sistem baru yang tentunya diperlukan sosialisasi secara konsisten tentang cara penggunaannya.

Tahapan Isi Token Listrik

Ketika saldo listrik sudah habis , maka meteran listrik akan memberikan sinyal berupa suara dan lampu yang berkedip yang tandanya harus segera melakukan pengisian saldo agar listrik tetap bisa menyala dan dapat digunakan seperti biasa.

Jika masih bingung cara mengisi token listrik prabayar, maka salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan yaitu bagaimana cara mengisi token listrik yang telah dibeli ke meteran listrik yang terpasang di rumah.

Untuk pengisian saldo tersebut terdapat beberapa cara dan tahapan yang bisa di lakukan untuk mempermudah proses pengisian token dan berikut adalah penjelasan langkah-langkah mengisi token listrik dengan mudah.

Lakukan Pengisian Saldo

Seperti yang sudah dibahas, bahwa listrik token memiliki saldo dengan jumlah tertentu yang dapat di isi ulang dengan jumlah yang di inginkan. Hal yang harus di perhatikan ketika akan mengisi saldo pulsa listrik yaitu dengan memastikan nomor meteran listrik atau IDPEL sudah benar dan sesuai dengan yang ada pada meteran rumah.

Jika nomor meteran sudah benar, maka bisa langsung melakukan isi ulang dengan berbagai cara yang tersedia untuk mengisinya, dengan melalui m-banking, atm, melalui mini market, atau bisa juga dengan membeli di tukang pulsa dan pilihlah cara yang paling mudah.

Memasukkan Kode ke Meteran Listrik

Setelah melakukan pengisian ulang, maka jangan sampai lupa untuk mencatat nomor kode listrik sebanyak dua puluh digit angka tersebut. Untuk memasukkannya, maka ikuti cara mengisi token listrik berikut ini:

  • Masukkan 20 digit kode angka token ke meteran listrik dan apabila salah input, maka bisa menekan tombol hapus berwarna kuning.
  • Setelah memasukkan semua kode tersebut, maka tekan tombol enter atau tombol hijau dan tunggu hingga keluar tulisan “Benar”.
  • Jika salah memasukkan, maka tulisan “Salah” akan keluar dan harus mengulangi proses yang sama hingga benar.
  • Setelah muncul tulisan “Benar” maka saldo token akan langsung terupdate dan bisa langsung menggunakan listrik dengan normal.

Cara Mengisi Token Listrik PLN ke Meteran dengan Mudah

Sistem ini diterapkan dengan segala kemudahan yang dapat dirasakan langsung oleh para pelanggan PLN, termasuk juga cara mengisinya ke meteran, bahkan tidak perlu lagi untuk memanggil petugas PLN hanya untuk melakukan tahapan ini dan berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih dan belilah voucher token listrik dengan nominal yang sesuai kebutuhan dan jansn lupa periksa 20 digit kode token listrik yang terdapat pada voucher.
  2. Masukkan 20 digit angka tersebut ke dalam meteran listrik dengan menekan tombol “Enter” setelah kode dimasukkan.
  3. Tunggu sampai notifikasi tanda berhasil atau gagalnya kode voucher token listrik, jika gagal karena salah input kode, maka tekan tombol “Backspace” dan masukkan ulang kodenya dengan benar.
  4. Jika muncul tulisan “Benar” atau “Accept,” artinya kode sudah sesuai dan jika tulisan yang muncul “Salah” atau “Reject,” artinya harus memasukkan ulang 20 digit kode token listrik.
  5. Apabila semua telah sesuai, maka token akan otomatis kembali terisi ulang.

Solusi Bila Salah Memasukkan Nomor Token Listrik

Bila tidak sengaja salah memasukan nomor token listrik, maka tidak perlu merasa khawatir karena bisa langsung menekan tombol “backspace” untuk menghapus nomor yang salah lalu memasukkannya kembali dan tunggu sampai notifikasi di layar meteran menunjukkan “benar/ accept”.

Bila masih tidak berhasil juga, maka ulangi kembali dan perhatikan detail setiap angka yang ada di voucher tersebut karena bisa jadi terdapat nomor yang salah memasukkannya.

Perlu untuk diketahui bahwa setiap angka di voucher tersebut tidak mungkin salah, jadi ketika terjadi kegagalan dalam menginput nomor artinya terdapat angka yang salah dalam memasukkannya.

Kapan Token Listrik Akan Hangus

Berdasarkan informasi dari PLN, nomor token listrik yang di beli tidak akan hangus selama belum digunakan, jadi artinya nomor tersebut tidak akan memiliki masa aktif kapanpun kamu butuh nomor tersebut masih bisa untuk digunakan.

Bila merasa bahwa kWh meteran listrikmu masih cukup, maka bisa gunakan voucher tersebut ketika kWh sudah akan mendekati ambang batas yang telah di atur.

Umumnya, alarm kWh meter akan berbunyi ketika di angka 25 kWh dimana alarm tersebut menandakan bahwa saldo token listrik sudah menipis dan harus segera mengisinya karena bila tidak, alarm tersebut akan terus berbunyi dalam waktu 2-3 hari listrik pasti akan mati.

Cara Mengecek Sisa Pulsa Listrik

Untuk memastikan apakah pulsa listrik masih ada, makam bisa mengecek sisa token listrik di meteran PLN dengan cara berbeda-beda, tergantung merek meteran yang digunakan dan berikut adalah tutorial cara cek sisa token berdasarkan merk meterannya:

  1. Merek Itron, maka perlu menekan kode 09 lalu enter untuk melihat penggunaan daya listrik.
  2. Merek Glomet, tekanlah kode 37, kemudian tekan enter untuk mengetahui penggunaan listrik yang dipakai.
  3. Merek Star, tekan kode 07, lalu tekan enter untuk mengecek sisa pulsa listrik.
  4. Merek Hexing, tekanlah kode 801, lalu tekan enter untuk mengetahui listrik yang dipakai selama sebulan.

Demikianlah artikel tentang cara memasukan nomor token listrik ke meteran. Semoga bermanfaat!

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version