10 Contoh Alat Elektronik Yang Mengubah Energi Listrik Menjadi Energi PanasAlat elektronik merupakan sebuah alat yang menggunakkan listrik sebagai sumber energinya, baik listrik secara kontak langsung maupun listrik yang didapat dari penggunaan baterai.

Dalam alat elektronik, listrik dapat diubah menjadi berbagai bentuk energi lain yang dibutuhkan. Ada yang mengubah listrik menjadi gerak, listrik menjadi panas yang beberapa contoh perubahan energi dapat ditemui pada alat elektronik yang ada di rumah.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia membutuhkan energi yang memiliki sifat kekal dengan maksud energi tersebut tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan.

Manusia sebagai makhluk hidup di bumi, hanya dapat mengubah energi tersebut dari satu wujud ke wujud yang lainnya.

Pengertian Perubahan Energi

Berdasarkan referensi pembelajaran, energi merupakan sebuah besaran fundamental yang dimiliki oleh setiap sistem fisik dimana besaran ini dapat membantu setiap manusia dalam memperkirakan besarnya kerja yang dilakukan oleh sebuah sistem.

Perubahan energi dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya sudah mulai dimanfaatkan oleh manusia untuk mencukupi kebutuhannya hingga mencapai kesejahteraan hidup yang layak.

Energi paling fleksibel yang dapat diubah untuk menjadi bentuk energi lain yaitu energi listrik. Energi listrik dapat diubah dengan lebih mudah menjadi energi cahaya, energi bunyi, energi gerak, energi kimia, energi panas, dan berbagai energi lainnya yang dapat digunakan untuk menunjang kehidupan manusia sehari-hari.

Sifat Energi

Selain memiliki perubahan, berdasarkan ilmu fisika energi juga memiliki sifat tertentu dengan sifat-sifat perubahan energi yaitu sebagai berikut ini:

  • Transformasi energi yaitu sebuah energi dapat diubah dalam bentuk lain, contohnya seperti energi panas pembakaran menjadi energi mekanik mesin.
  • Transfer energi adalah perubahan energi panas dari suatu material atau tempat yang dapat di transferkan ke tempat atau metrial lain, contohnya yaitu pemanasan air pada panci.
  • Dengan energi panas yang berasal dari api akan ditransferkan melalui material panci, sehingga akan memanaskan air dan setelah melalui titik didih air, maka air akan mulai menguap.
  • Energi dapat dipindahkan dari benda lain oleh suatu gaya yang dapat menyebabkan suatu pergeseran yang sering disebut dengan energi mekanik.
  • Energi kekal merupakan energi yang tidak dapat diciptakan ataupun dimusnahkan.

Alat Elektronik Yang Mengubah Energi Listrik Menjadi Energi Panas

Energi listrik dapat menghasilkan energi panas ketika elemen tersebut telah dialiri oleh arus listrik dalam waktu tertentu, sehingga sebagian arus listrik yang ada akan berubah menjadi suatu energi panas.

erdapat contoh benda-benda yang mengalami proses perubahan energi listrik menjadi energi panas yang ada di sekitar kita, contohnya adalah sebagai berikut:

1. Televisi

Televisi mengubah energi listrik menjadi energi cahaya dan suara dimana untuk menyalakan televisi, dibutuhkan aliran listrik.

Terkadang apabila terlalu lama dinyalakan televisi alkan terasa panas dan tandanya televisi itu harus segera dimatikan. Karena televisi yang panas dikhawatirkan akan mebuatnya lebih ringkih dan tidak tahan lama.

Semakin besar ukuran televisi, maka akan semakin besar juga listrik yang akan dibutuhkan untuk menghasilkan cahaya dan suara.

Namun, seiring dengan kecanggihan teknologi televisi masa sekarang telah dilengkapi dengan teknologi yang lebih menghemat listrik dibanding televisi di zaman dahulu.

Contohnya, yaitu televisi LED yang membutuhkan daya 40-50 watt, lebih kecil dari televisi tabung yang mengonsumsi 75-100 watt.

2. Pengering Rambut

Pengering rambut merupakan sebuah alat elektronik yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik yang hampir sama cara kerjanya dengan kipas angin.

Pengering rambut juga dapat mengubah energi listrik menjadi energi panas yang akan digunakan untuk mengeringkan rambut.

Energi mekanik yang menggerakkan kipas dan juga energi panas akan membuat udara dari pengering rambuh terasa hangat dan akan membuat rambut menjadi lebih cepat kering.

3. Telepon Genggam

Telepon genggam atau ponsel adalah alat elektronik yang sangat kompleks karena dapat mengubah energi listrik dari baterai menjadi bentuk energi lain, seperti energi suara, energi cahaya, energi mekanik, bahkan energi panas ketika sudah lama digunakan tanpa henti.

Gambar yang ditampilkan pada layar ponsel merupakan kumpulan energi cahaya yang berbeda-beda dan suara yang terdengar dari ponsel saat menelepon, menonton, dan mendengarkan lagu adalah energi bunyi yang berasal dari listrik.

Energi mekanik terjadi ketika ponsel dalam mode getar dan panas yang tercipta dari ponsel biasanya dikarenakan ponsel sudah terlalu lama digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama tanpa henti, sehingga ponsel akan terasa panas.

4. Setrika

Setrika adalah alat elektronik yang mengubah energi listrik menjadi energi panas dengan listrik yang dialirkan ke setrika akan melewati kabel yang memanaskan elemen pemanas.

Elemen pemanas akan terus menghasilkan panas selama listrik masih mengalir di dalamnya.

5. Solder

Solder merupakan alat elektronik yang biasanya digunakan sebagai alat pemanas untuk menyambungkan sebuah rangkaian atau komponen pada sebuah peralatan listrik dan energi panas yang dihasilkan oleh solder berasal dari energi listrik.

6. Oven Listrik

Oven listrik biasanya sering digunakan di dapur untuk memanggang, memanaskan, atau pengeringan bahan makanan atau masakan dengan ruang tertutup yang dapat menghasilkan panas akibat dari adanya perubahan yang berasal dari energi listrik.

7. Setrika Listrik

Setrika listrik yang dialiri arus listrik akan memanaskan elemen pemanas setrika, sehingga setrika bisa mengalirkan panas pada pakaian dan membuat pakaian menjadi rapi lebih rapih tanpa kusut.

8. Penanak Nasi

Alat penanak nasi juga dialiri arus listrik agar bisa memasak nasi di dalamnya dengan mengeluarkan energi panas lewat lubang tertentu selama proses memasak nasi hingga berubah menjadi matang.

9. Kompor Listrik

Berbeda dengan kompor gas pada umumnya, kompor listrik telah memanfaatkan perubahan energi elektromagnetik untuk menghasilkan panas yang digunakan selama proses memasak agar makanan menjadi matang.

10. Pemanas Udara

Pemanas udara merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghangatkan ruangan yang mengubah energi listrik menjadi energi panas yang bermanfaat dalam kondisi cuaca yang dingin.

Demikianlah artikel tentang contoh peralatan elektronik yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi panas. Semoga bermanfaat.

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version